Selasa, 11 Juni 2013

WARREN BUFFET

Bila Anda terjun di dunia saham, pilihannya ada dua yaitu menjadi trader atau menjadi investor. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan keurangan masing-masing. Tetapi sejarah sudah membuktikan bahwa seorang investor saham mampu menjadi manusia terkaya sejagat. Anda pasti sudah tahu namanya. Ya, betul, Warren Buffet. Beliau memang boleh dibilang seorang investor sejati. Untuk menggambarkan betapa hebatnya Warren Buffet, mari kita lihat contoh berikut. Investasi $ 10.000 dalam Berkshire Hathaway pada 1965, tahun dimana Warren Buffet mengambil alih, akan tumbuh menjadi senilai hampir $ 30 juta dari 2005? Sebagai perbandingan, $ 10.000 dalam S & P 500 akan tumbuh menjadi hanya sekitar $ 500.000.


Warren BuffetWarren Edward Buffett (lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930; umur 81 tahun) adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat.
Ia memiliki julukan Oracle of Omaha; Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, di mana dia memegang 38% saham. Dengan perkiraan pendapatan bersih US$44 miliar pada 2005, dia menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya kedua dunia menurut Forbes, di belakang Bill Gates.
Setelah selama bertahun-tahun menjadi manusia paling kaya sejagad, akhirnya dominasi Bill Gates harus tergeser oleh Warren Buffett sebagai manusia paling kaya di dunia versi majalah Forbes. Kekayaan Buffett pada tahun 2008 sekitar US$ 62 miliar. Menurut majalah Forbes kekayaannya meningkat US$ 10 milyar pada saat yang sama menjadi US$ 62 Miliar, sungguh fantastis ini mengalahkan Bill Gates yang pencapaianya di bawah buffet yaitu hanya meningkat US$ 2 Milyar/tahun pada saat yang sama menjadi US$ 58 Milyar.
Langkah strategis Buffet dimulai saat ia membeli saham perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada tahun 1962 seharga US$ 8 per lembar. Tiga tahun kemudian, ia berhasil menjadi pemegang saham terbesar perusahaan tersebut. Ia memasukkan uang perusahaan yang menganggur ke dalam investasi, misalnya dengan membeli perusahaan asuransi, perusahaan permata, utilitas dan makanan. Kini, setelah 46 tahun, saham kelas A Berkshire Hathaway telah meroket luar biasa, dan sempat mencapai US$ 150.000 per lembar saham. Melalui perusahaan ini pula, ia dapat menguasai saham beberapa perusahaan kelas dunia seperti Coca Cola, Anheuser-Busch, WellFargo dan Kraft Food.
Intinya strategi investasi yang digunakan Warren Buffet sebenarnya sangat sederhana. Caranya Anda membeli saham perusahaan yang Anda anggap memiliki prospek. Tidak peduli saham itu nilainya turun, indeks anjlok, selama Anda yakin pada prospek perusahaan tersebut, saham itu Anda kempit terus sampai tua, bahkan kalau perlu bisa menjadi warisan untuk anak cucu. Strategi ini membutuhkan kesabaran ekstra. Tapi, jika berhasil keuntungan yang diperoleh akan berlipat ganda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Follow by Email

Translate

Loading...

Entri Populer

Share It

Daily Calendar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Windows Live Messenger + Facebook